Teknik mengukur berat badan sapi

Hee… Oh, ya …. Perbedaan dalam penghitungan bobot badan ternak merupakan hal yang wajar. Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan.

Cara Menaksir Bobot Badan Sapi Potong

Diketahui Seekor sapi memiliki ukuraan lingkar dadamaka dapat dihitung dengan cara mengambil nilai teknik mengukur berat badan sapi dan puluhan dari hasil lingkar dada yaitu dan cari angka pada kolom vertikal paling kiri. Sehingga taksiran bobot sapi tidak terlalu jauh dari bobot sebenarnya.

Pengalaman penulis, sapi yang diberi pakan jerami kering kalau di Jawa timur banyak berasal dari Tuban dan Lamongan serta Bojonegoro akan kalah beratnya dengan sapi yang diberi hijauan segar daerah Situbondo, Bondowoso, Lumajang atau konsentrat meskipun kedua sapi itu secara visual maupun ukuran tinggi gumba dan panjang badan sama persis.

CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA

Memang dari dulu hingga saat ini meskipun dipasar hewan-pasar hewan besar sudah disediakan alat timbang ternak sapi oleh dinas terkait tetapi para pedagang lebih suka jual beli menggunakan teknik jogrogan yang memerlukan kejelian seorang pembeli untuk memperkirakan berat sapi dengan tepat. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan.

Rumus Schoorl Indonesia.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi. Panjang badan diukur mulai dari siku sampai benjolan tulang tapis. Jadi lingkar dada yang sudah didapatkan tinggal dimasukkan ke dalam tabel untuk diketahui kisaran berat badan sapi. Harga timbangan ini bisa mencapai 10 juta rupiah.

Karena keakuratan penaksiran sapi akan berhubungan erat dengan karkas maupun daging sapi yang akan didapatkan saat sapi tersebut dipotong. Cara mengetahui atau Menaksir berat badan sapi dapat dilakukan dengan: Berikut ini adalah rumus Scroll: Hasilnya, Rumus Scheiffer dan Rumus Lambourne ternyata lebih mendekati bobot badan sebenarnya pada sapi, domba, dan kambing.

Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan bakal diperoleh pendekatan untuk memperoleh berat hewan sebenarnya. Hasilnya rumus Scheiffer dan Lambourne lebih mendekati berat real sapi sebenarnya dengan tingkat kesalahan di bawah 10 persen. Cara ini adalah yang paling akurat dan tepat dan sudah diterapkan di peternakan-peternakan modern baik skala menengah maupun besar dan sudah mulai juga diterapkan oleh peternak peternak yang menginginkan kepastian harga.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Harga timbangan ini bisa mencapai 10 juta rupiah. Menaksir Sapi di pasar hewan adalah "Seni" yang mengasyikkan. Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai tinggi.

Bagaimana kalau pada Ternak Ruminansia baik ruminansia besar maupun ruminansia kecil, tentu memerlukan timbangan ternak khusus. Tetapi cara ini kurang praktis untuk membeli sapi di pasar hewan, karena tidak mungkin dan pasti ribet jika kita membawa-bawa timbangan ke pasar hewan sehingga untuk lebih mudah digunakan cara kedua.

Bagaimana dengan peternakan rakyat, yang tidak mempunyai timbangan tersebut?. Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter.

Banyak sekali penelitian yang telah dilakukan oleh ilmuan untuk memperikan atau menaksir cara menghitung bobot badan sapi hidup. Rumus Schoorl Indonesia. Jadi, metode ini hanya bisa diterapkan pada ternak ruminansia besar dan kecil.

Satu lagi penting kemampuan menaksir amat penting yaitu umur ternak. Untuk mencari volume tabung harus diketahui luas alas dan tinggi. Namun bagaimana jika skala kepemilikan kita kecil dan dalam proses merintis usaha. Pengukuran dengan menggunkan timbangan adalah cara yang praktis akan tetapi membutuhkan saran dan prasarana yang memadai.Jun 07,  · Mengukur Lingkar Dada dan Panjang Badan Sapi: 2.

Menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi di pasar hewan.

Menaksir Berat Dengan Melihat Visual Sapi. Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan.

Cara Menghitung Berat Sapi Dengan Animeter

Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter. Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi.

Sedangkan panjang badan diukur dengan menggunakan tongkat ukur. 2. Menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi. Cara ini bisa kita gunakan jika kita memang sama sekali tidk ada pengalaman menaksir sapi.

Sedangkan Metode Winter yaitu dengan mengukur lingkar dada dan panjang badan. Untuk mengukur linkar dada sapi, alat yang biasa digunakan adalah seperti pita meter. Cara mengukurnya dengan melingkarkan pita meter tepat di belakang siku kaki depan si sapi.

Sedangkan panjang badan diukur dengan menggunakan tongkat npgwebsolutions.com: Sapibagus. Nah, bagaimana cara menghitung bobot badan ternak? Pertambahan bobot badan ini menjadi makin penting bagi usaha penggemukan sapi, kerbau, domba, dan kambing, karena peternak mengharapkan hewan yang dipeliharanya dapat gemuk dalam waktu cepat.

Mar 21,  · Kalau di perusahaan besar, bobot sapi dan kerbau biasa ditimbang dengan timbangan ternak. Timbangan ternak cukup berat dan harganya pun mahal. Di pasar hewan, timbangan ternak ini tak dijumpai. Jual beli sapi, kerbau dan domba lebih banyak dengan cara “beuli bogoh” sehingga berat ternak acapkali npgwebsolutions.com: Shinjeiku Life Stail.

Teknik mengukur berat badan sapi
Rated 4/5 based on 79 review